Teknik Meditasi yang Belum Pernah Anda Dengar

Teknik Meditasi yang Belum Pernah Anda Dengar

Teknik Meditasi Langka yang Sebaiknya Kita Ketahui

Meditasi bukan hanya duduk bersila dan mata terpejam, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meditasi dalam keseharian. Banyak teknik meditasi yang dapat anda lakukan dan tekuni untuk memusatkan kesadaran pada obyek tertentu. Tujuan utama bermeditasi ialah mencari kebahagiaan dan kedamaian. Berikut beberapa teknik meditasi yang umum digunakan,

teknik meditasi

 

Teknik Pernafasan / Pranayama

Teknik ini berfokus pada pernafasan, cara menghirup, menahan, dan menghembuskan nafas. Pranayama dilakukan dengan pose bersila, memperhatikan keluar masuk nafas, menahan di perut, dan menahan nafas diluar perut.

 

Teknik Mudra

Teknik ini dilakukan dengan menyentuhkan jari-jari tangan satu dengan lainnya pada masing-masing tangan untuk mencapai tujuan tertentu, baik tujuan perbaikan kesehatan, mental, dan spiritual. Mudra yang umum dilakukan ialah Chin Mudra

 

Teknik Fokus

Teknik meditasi ini dilakukan dengan benda-benda disekeliling anda, seperti fokus lilin, fokus pada warna, fokus pada titik, fokus kepada suara, fokus kepada musik, dll.

 

Teknik Pose / Meditasi Asanas

Teknik ini menggabungkan antara pose yoga / asanas, dengan pemfokusan pikiran atau kesadaran. Misalnya melakukan Tree Pose digabungkan dengan chanting mantra tertentu.

 

Teknik Berjalan

Teknik meditasi ini dilakukan dengan berjalan di tempat-tempat tertentu dengan rute yang telah ditentukan. Anda dapat melakukan teknik meditasi berjalan di taman, pantai, di dalam rumah, atau jogging track. Perhatikan cara kaki anda bergerak maju untuk mengambil langkah berikutnya, perhatikan juga keluar masuknya nafas saat anda berjalan. Benefit teknik ini ialah menenangkan pikiran saat kita merasa sendirian / kesepian. Meski kita sendirian tetapi tidak merasa kesepian, bahkan kita akan menemukan kedamaian dan kebahagiaan pada akhir meditasi ini.

 

Teknik Transendental

Adalah teknik meditasi dengan untaian doa / mantra yang diucapkan dalam hati (bukan mulut). Dalam prakteknya doa / mantra tersebut akan terus diulang-ulang sehingga pikiran terfokus pada makna dari mantra / doa tersebut.

 

Teknik Chanting

Yaitu teknik meditasi dengan mengucapkan berulang kali sebuah mantra atau suatu kesatuan mantra, pengucapan ini harus mencapai jumlah tertentu, dan pada jumlah tertentu biasanya meditator akan merasakan efek kedamaian dan kebahagiaan

 

Teknik Spiritual

Meditasi ini dilakukan di tempat-tempat yang hening seperti goa, danau, hutan, dll, yang bertujuan untuk mencari petunjuk, insight, atau gift tertentu.

 

Teknik OOBE

OOBE (Out of Body Experience) Teknik meditasi ini bertujuan untuk melepas jiwa manusia dari tubuh fisiknya, biasanya jiwa akan berkelana ke dimensi yang lebih tinggi atau tempat-tempat yang diinginkannya. Pengalaman ini sangat menyenangkan karena para meditator mendapatkan pengalaman yang berbeda setiap kali melakukan OOBE bahkan menyebabkan kecanduan untuk terus melakukannya lagi.

 

Teknik Kundalini

Adalah teknik meditasi paling kompleks yang digunakan meditator, teknik ini menggabungkan pranayama, asanas, mudra. fokus pada objek-objek cakra di tubuh, visualisasi aura, sensitivitas energi (prana), guna mendapatkan kemampuan khusus, ataupun peningkatan holistik secara drastis.

Share this post

Comments (2)

  • ganda setiawan Reply

    Adakah teknik meditasi yg hanya satu perintah kehendak, mampu menghentikan kekacauan pikiran ??

    April 16, 2016 at 6:05 pm
    • Star Kristal Reply

      Tidur, obat penenang.

      April 16, 2016 at 9:13 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *