Korban PHK Yang Sukses

Korban PHK Yang Sukses

Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar amerika semakin lemah, hari ini berada pada kisaran Rp 14.000 / $1. Masyarakat kelas bawah dan menengah panik, wajarlah mereka panik, karena modal bahan baku yang mereka beli untuk bekerja naik drastis. Kebanyakan bahan baku untuk produksi di indonesia ini tidaklah lengkap, tetapi sebagian harus tetap mengimport.

Mungkin karyawan tidak terlalu merasakan dampak melemahnya rupiah ini, tetapi di sektor bisnis saat ini adalah saat yang panas, saat yang penuh dengan tekanan, harga bahan baku melonjak mahal, bahkan sebagian ada yang sudah tidak mampu membeli dan berproduksi.

korban phk yang sukses

Kita patut berkaca pada krisis moneter 1998 lalu, dimana ketidakmampuan perusahaan-perusahaan besar membeli bahan baku untuk produksi mengakibatkan PHK besar-besaran pada buruh pabrik dan staf nya. Para karyawanpun sangat shock dan tertekan, income mereka tiba-tiba terputus dan tidak ada jaminan hidup lagi.

Namun disaat itulah justru moment besar tengah terjadi, banyak karyawan-karyawan yang di PHK, justru berani berpikir positif, berani mengambil resiko, mereka mulai berwirausaha, dan akhirnya sekarang banyak dari mereka yang sukses menjadi pengusaha. Kita sebagai pekerja maupun pelaku usaha diharapkan bersikap tenang dalam kondisi seperti ini. Hal yang dapat kita lakukan adalah :

1. Tetap Semangat

Tetaplah giat bekerja, jangan patah semangat, lakukan yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain. Perlakukan rekan kerja anda atau customer anda sebagai partner yang baik, yang dapat membantu anda dalam meraih cita-cita hidup anda

2. Networking

Untuk anda yang terkena PHK, jangan menutup diri dari setiap kesempatan yang terbuka didepan anda, Jika anda dahulu sebagai karyawan tersita waktu dari pagi hingga petang, sekarang justru sebaliknya anda memiliki kebebasan waktu. Pergunakanlah untuk mencari informasi tentang grup-grup bisnis di kota anda, pergunakanlah waktu untuk hadir dalam gathering / pertemuan bisnis yang diadakan. Ingatlah bahwa pergaulan membentuk aura anda, pergaulan membentuk pola pikir anda. Anda banyak bergaul dan belajar dengan para pengusaha sukses, maka suatu saat kelak anda pasti sukses juga jadi pengusaha.

3. Fokus Pada Explorasi Skill

Jika anda hobi memasak tetaplah memasak, jangan terlalu beralih profesi yang jauh dari biasanya. Misalnya anda sebelum terkena PHK adalah juru masak pada restoran terkenal. Tetaplah memasak, berkarya, dan explorasi skill anda dengan berjualan pada pasar online, dan coba tawarkan pada toko sekitar rumah anda. Jika produk anda punya kualitas yang baik, pastilah customer akan suka dan berlangganan.

Korban PHK Yang Sukses Jadi Pengusaha 2015.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *