Hubungan Tingkat Kesadaran Manusia, Meditasi & Narkotik

Hubungan Tingkat Kesadaran Manusia, Meditasi & Narkotik

Tingkat Kesadaran Manusia dan Konsumsi Narkotik

Tingkat kesadaran manusia ternyata berbanding lurus dengan aktivitas-aktivitas meditasi bahkan obat-obatan, dalam hal ini narkotik, jika dikonsumsi dalam dosis terkendali. Dr. Timothy Leary Ph.D adalah seorang psikolog amerika yang dikenal dalam eksplorasi potensi terapi obat psychedelic dalam kondisi yang terkendali. Leary melakukan percobaan di bawah Proyek Psilocybin Universitas Harvard. Leary menguji dan yakin bahwa LSD menunjukkan potensi untuk digunakan terapi dalam psikiatri.

Leary menggunakan LSD untuk diri sendiri dan mengembangkan filsafat ekspansi pikiran dan kebenaran pribadi melalui LSD. Dia juga menulis dan sering berbicara tentang konsep transhumanisme ruang migrasi, peningkatan kecerdasan, perpanjangan usia hidup, dan mengembangkan model delapan sirkuit kesadaran dalam bukunya Exo-Psikologi (1977). Berikut penjelasan delapan sirkuit kesadaran tersebut :

tingkat kesadaran

 

1. Sirkuit Kesadaran Biosurvival

Sirkuit ini terbentuk pada tahap bayi, berkaitan dengan makanan, keamanan fisik, kenyamanan dan kelangsungan hidup, menyusui, berpelukan dll. Pada orang dewasa, sirkuit ini diaktifkan dengan Opioid seperti Morfin dan Heroin.

2. Sirkuit Kesadaran Emosional

Sirkuit ini terbentuk dalam tahap balita. Hal ini ditandai dengan dominasi, penyerahan, dan sifat teritorialitas. Sirkuit ini diaktifkan oleh obat-obatan Depresan seperti Alkohol, Barbiturat, dan Benzodiazepin.

3. Sirkuit Kesadaran Ketangkasan

Sirkuit ini terbentuk oleh sistem simbol manusia. Hal ini berkaitan dengan bahasa, interaksi dengan lingkungan, penemuan, perhitungan, prediksi, membangun mental peta alam semesta, dan ketangkasan fisik. Sirkuit ini konon muncul pertama ketika hominid mulai dibedakan dari sisa primata. Sirkuit ini diaktifkan oleh obat perangsang seperti Amfetamin, Katinona, Kokain, dan Kafein.

4. Sirkuit Kesadaran Sosio-seksual

Sirkuit keempat terbentuk dari pengalaman bersetubuh dan orgasme, kenikmatan seksual. Leary tidak pernah mengaitkan sirkuit ini dengan obat-obatan tertentu, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat-obatan MDMA / Ekstasi dapat mengaktifkan sirkuit ini.

5. Sirkuit Kesadaran Neurosomatik

Sirkuit ini ditandai dengan merasa bahagia dan sukacita. Hal ini dapat disebut sirkuit pengangkatan. Ketika sirkuit ini diaktifkan, perasaan sejahtera tak terkonsep akan muncul, dan akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh fisik. Sirkuit ini diaktifkan oleh dengan rasa gembira yang luar biasa dengan Ganja, Hatha Yoga, Tantra Yoga, dan Meditasi Zen.

6. Sirkuit Kesadaran Neuroelektrik

Sirkuit keenam terdiri dari sistem saraf yang mengakibatkan kesadaran diri sendiri. Leary mengatakan sirkuit ini memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan telepati, dimana sirkuit ini dapat diaktifkan dengan LSD dosis rendah sampai sedang (50-150 mikrogram), dosis moderat Peyote, dan jamur Psilocybin. Sirkuit ini pertama kali ditemukan dalam ritual mahir Raja Yoga, dan pada The Hermetic (coded) Manuals of The Medieval-Renaissance Alchemists and Illuminati.

tingkat-kesadaran-manusia

7. Sirkuit Kesadaran Neurogenetik

Sirkuit ini adalah koneksi dari pikiran individu ke seluruh evolusi dan kehidupan secara utuh. Ini adalah bagian dari kesadaran yang menggemakan pengalaman dari generasi sebelumnya yang telah membawa pikiran individu untuk level saat ini.

Ini berkaitan dengan leluhur, sosial dan masukan ilmiah DNA-RNA-otak. Mereka yang mencapai sirkuit ini dapat berbicara tentang kehidupan masa lalu, reinkarnasi, keabadian, sesuai dengan ketidaksadaran kolektif dalam model Carl Jung dimana arketipe berada, Akashic Records, ketidaksadaran filogenetik, pengalaman diluar tubuh, pengalaman mendekati kematian, dan terowongan realitas. Aktivasi sirkuit ini dapat disamakan dengan kesadaran dewa Pan dalam aspek sebagai kehidupan yang utuh, atau kesadaran Gaia, yaitu biosfer yang dianggap sebagai organisme tunggal.

Sirkuit ini diaktifkan oleh dosis reguler LSD (200-500 mikrogram), dosis yang lebih tinggi dari Peyote, dosis yang lebih tinggi dari jamur Psilocybin, Yoga dan Meditasi. Sirkuit ini pertama kali muncul di kalangan ritual Hindu pada awal milenium pertama, dan kemudian pada ritual Sufi.

8. Sirkuit Kesadaran Neuroatomik

Sirkuit kedelapan berkaitan dengan kesadaran kuantum, kesadaran non-lokal (informasi diluar kesadaran ruang dan waktu), iluminasi. Beberapa cara sirkuit ini dapat diaktifkan dengan, kebangkitan kundalini, shock, pengalaman mendekati kematian, dll. Sirkuit ini dapat diaktifkan oleh DMT, dosis tinggi LSD (1.000 mikrogram), dan dosis tinggi sub-anestesi Ketamin.

 

Demikianlah ulasan tentang tingkat kesadaran manusia ditinjau dari sisi ilmiah. Semoga kita dapat memandang hal yang positif dari sisi yang dianggap buruk.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestDigg this

Share this post

Comment (1)

  • HARI SANTOSO Reply

    bAGUS SEKALI DAN SANGAT BERMANFAAT.

    April 25, 2016 at 5:40 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *