Rahasia Kecerdasan Intelektual Orang Cina

Rahasia Kecerdasan Intelektual Orang Cina

Kecerdasan intelektual orang cina yang harus diketahui

Tulisan ini tidak bertujuan untuk menggunggulkan ras cina, ataupun orang keturunan cina di Nusantara ini, sehingga menimbulkan permusuhan cina dan pribumi. Saya ingin berbagi apa rahasia kecerdasan intelektual orang cina, yang membuat dirinya bisa survive di segala bidang.

Sudah rahasia umum, orang cina banyak dibenci, diejek, karena eksklusivitasnya, dan daya survive nya yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Saya tidak ingin membahas faktor-faktor tersebut, disini saya hanya membahas aspek internal nya saja. Agar kita dapat ambil manfaatnya

kecerdasan intelektual

 

Orang cina depresi berat jika menganggur

Jangankan sebulan, seminggu saja menganggur, orang cina biasanya stres dan malu untuk keluar rumah bertemu teman-temannya. Ini sudah instingnya, sudah didikannya dari kecil, mau hidup enak, mau rekreasi, mau eksis, harus kerja, itu martabat hidup.

 

Uang adalah segalanya

Yes, jujur saja orang cina, laki, perempuan sangat logis dan membumi pikirannya. Uang adalah kebutuhan pokok yang harus dicari, diperjuangkan, tanpa uang, hidup akan sengsara.

  1. Makan butuh uang (beli beras, lauk, sayur, listrik, gas elpiji untuk masak)
  2. Tidur butuh uang (sewa kost yang aman dan nyaman, beli kasur empuk, bayar biaya AC)
  3. Beribadah butuh yang (Beli bensin, bayar karcis tol, beli baju ibadah, beli parfum biar ga bau)
  4. Bahagia butuh uang (pacaran butuh uang apel dan traktir, nikah butuh biaya besar untuk pesta, punya anak butuh dana besar untuk melahirkan, susu, sekolah, dll)

Jadi sangat beda dengan materialistis yang didasari rasa tamak dan rakus ya.

 

Bukan pelit, bedakan kebutuhan dan keinginan

Tahanlah untuk membeli sepatu baru, tas baru, ataupun barang lain yang sekedar memuaskan nafsu dan lapar mata. Prinsip orang tua cina jaman dulu adalah pakai satu barang sampai rusak atau tidak bisa dipakai, barulah beli dan ganti dengan yang baru. Hal ini melatih kita peka, mana kebutuhan, mana keinginan.

Kecerdasan intelektual lainnya adalah orang cina sering bilang ga punya uang,dan sangat tertekan jika mengambil uang tabungan untuk membiayai hidup selama sebulan. Biasanya orang cina punya prinsip uang di tabungan itu ga boleh diambil, uang di tabungan itu harus mampu membiayai hidup selama 3 bulan kedepan jika terjadi masa paceklik.

 

Individualistis demi masa depan

Daripada duduk-duduk nongkrong ga karuan, mending duduk didepan laptop, main games sambil cari peluang bisnis. Hidup ini kedepannya tidak ada yang menanggung, selain diri kita sendiri. Diri sendirilah yang membiayai masa depan kita, bukan kawan-kawan kita.

Memang bersosialisasi dengan teman itu harus, dan kita butuh itu, agar kita tidak terkena penyakit anti-sosial. Namun seimbangkanlah dengan waktu untuk diri sendiri.

 

Didikan orang tua dan lingkungan

Orang pribumi pun bisa memiliki sifat-sifat orang cina, jika dididik, dan bergaul dengan orang cina. Contoh, orang pribumi akan belajar ketatnya mengatur keuangan jika ia bekerja di perusahaan sebahagi sales marketing. Jadi tidak ada yang istimewa, semua kelebihan orang cina dapat dipelajari. Saya berdoa semoga hubungan orang cina dan pribumi di Nusantara ini semakin rukun dan damai.

 

Senang investasi aktiva tetap

Orang cina mampu membedakan mana aktiva tetap, aktiva lancar, mana pasiva. Aktiva tetap artinya harta yang memiliki nilai cenderung meningkat dari tahun ke tahun, contohnya, emas, tanah, rumah, skill/keahlian. Orang cina kurang tertarik membeli pasiva (mobil, motor, elektronik) jika belum memiliki aktiva tetap. Kecuali pasiva itu dibutuhkan untuk modal kerja, ia pasti membelinya,seperti membeli banyak HP, untuk kebutuhan bisnis.

Demikianlah rahasia kecerdasan intelektual orang cina yang dapat kita pelajari. Semoga bermanfaat.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestDigg this

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *