Cara Meditasi Yang Baik, Bebaskan Imajinasi Anda

Cara Meditasi Yang Baik, Bebaskan Imajinasi Anda

Cara meditasi yang baik, bukan nyaman

Meditasi saat ini bukan lagi kebutuhan orang-orang tua yang putus asa mau mati, tetapi meditasi saat ini merupakan suatu kebutuhan mental orang segala usia untuk mencapai kebahagiaan, ketenangan, dan kedamaian jiwa. Pelajari cara meditasi yang baik, bukan yang nyaman.

Matras yang mahal, aromaterapi berkelas, atau musik meditasi yang beraneka ragam, tidak membuat kualitas meditasi anda meningkat. Semuanya adalah alat bantu agar fisik anda nyaman melakukan meditasi. Semakin anda tergantung dengan itu semua, semakin dangkal tingkat meditasi anda, kembali terikat pada suasana eksternal.

cara-meditasi-yang-baik

 

Matras atau bantal yang empuk?

Memang kita butuhkan untuk mendukung meditasi yang nyaman dan bebas dari rasa sakit dan kesemutan, tetapi seiring perkembangan dan perjalanan meditasi kita, kita akan terbawa dengan tuntutan latihan yang lebih keras. Tanpa matras atau bantal yang empuk.

 

Suasana yang tidak mendukung

Awalnya kita harus meditasi di tempat dan suasana yang mendukung, seperti pada tempat suci, atau tempat yang disetting dengan suasana yang nyaman untuk meditasi. Tetapi kesibukan kita menuntut sebaliknya, kita tidak punya cukup waktu untuk pergi ke tempat suci untuk meditasi, dirumah pun kita dituntut meditasi, karena kebutuhan akan ketenangan dan kedamaian yang semakin besar.

 

Belajar rasakan vibrasi

Setiap tempat mengandung energi yang berbeda satu sama lain, anda bermeditasi di tempat suci, akan lain rasanya jika anda bermeditasi dikamar anda sendiri. Anda bermeditasi di kuburan, akan lain rasanya dengan anda bermeditasi di pantai. Masih banyak lagi variasi energi tempat meditasi yang dapat anda rasakan, seperti di hutan, danau, kebun, tebing, dll. Gali semua rasa, ketahui perbedaannya, rasakan manfaatnya, kenali dualitasnya.

 

Visual / Audible

Ada 2 metode besar dalam meditasi, visual dengan membayangkan objek, warna cakra, aura, bentuk-bentuk lain, ada juga metode audible dengan chanting mantra. Itu semua kembali kepada kenyamanan anda dalam memilihnya, jangan dipaksakan sehingga tidak menghambat laju perkembangan meditasi anda.

 

Silence is Brahman

Jika anda berlatih meditasi bersama kawan anda di suatu tempat suci, hindari berbicara, bergosip terlalu banyak. Anda akan melewatkan momen-momen terserapnya energi yang bersih kedalam tubuh eteris anda. Kata-kata, percakapan tidak berguna justru memperparah kondisi fisik dan jiwa anda.

Duduklah dengan tenang, bicara secukupnya, nikmati energi dan serap secukupnya, setelah itu segeralah pulang.

 

Guru yang tidak sesuai

Memang diawal-awal guru meditasi sangat membantu kita untuk belajar tahap-tahap menstabilkan dan memperpanjang durasi meditasi kita. Namun seiring perjalanan waktu, kita akan merasa tidak cocok lagi dengan guru kita, karena mungkin kebutuhan meditasi kita sudah mengarah pada hal yang spesifik, yang tidak dapat lagi diakomodasi oleh guru pembimbing kita.

Jangan takut, anda tidak durhaka, many master many life. Ada banyak guru didalam kehidupan ini, anda dapat bebas berguru dimana saja untuk menyempurnakan tujuan meditasi anda.

 

Good food, good cakra

Pelajari energi makanan yang anda makan, apakah termasuk rajas, tamas, sativas? perputarandan kejernihan suatu cakra yang ingin anda aktifkan sangat bergantung pada jenis energi dari makanan yang anda makan. Contoh sederhana dalam dunia kedokteran daging kambing adalah penyebab utama tekanan darah tinggi, dan jus timun meredakan tekanan darah yang tinggi. Alkohol dalam jumlah cukup meningkatkan kecerdasan, dalam jumlah berlebih melemahkan daya ingat.

 

Menaklukkan gangguan

Ini adalah ujian terberat bagi para meditator, gangguan ringan sampai gangguan berat datang saat kita meditasi, ataupun dalam aktifitas keseharian. Gangguan kecil seperti menaklukkan rasa takut tatkala bermeditasi di tempat yang terasa angker, ditempat yang tidak kondusif. Dan ujian besarnya adalah disaat kita sadar penuh, kita diuji kesabaran, daya tahan, sosialitas, dan pembatasan diri.

 

Demikianlah cara meditasi yang baik untuk kita pelajari dalam hidup ini.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestDigg this

Share this post

Comments (2)

  • Suryadi Atmaja Reply

    Sy adalah pemula utk belajar meditasi. Kbetulan keyakinan sy adalah Budha, Dhamma dan Sangha. Info ini sngat brmanfaat buat sy, dan jka diperbolehkan, akn sy share ke tman yg lain. Tks.

    Juni 10, 2016 at 12:47 pm
    • Star Kristal Reply

      Thank you.

      Juni 10, 2016 at 1:17 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *